Tips Investasi Properti Bagi Pemula

Tips Investasi Properti Bagi Pemula

Investasi properti merupakan investasi terbaik di dunia. Bagaimana tidak? Investasi properti ini memiliki sifat akan selalu naik harganya dan tidak akan pernah turun nilainya. Hal ini disebabkan karena jumlah manusia dari tahun ke tahun pastinya selalu meningkat dibandingkan luas tanah di Bumi selalu tetap. Beruntungnya, kita yang hidup di Indonesia memiliki jumlah penduduk yang sangat padat dan selalu tumbuh setiap tahunnya. Selain itu, tanah di Indonesia sangat subur dan memiliki air tanah yang cukup baik dengan cuaca yang tropis yang dapat menyejukkan suasana.

Kondisi di Indonesia sangat menguntungkan untuk kita semua jika ingin investasi properti, khususnya wilayah Jabodetabek. Lalu, bagaimana kah tips untuk kalian yang baru ingin memulai investasi properti? Silahkan cek artikel yang kami kutip dari Rumah.com ini.

================================================================================

TIPS INVESTASI PROPERTI BAGI PEMULA

Anton Erawan • Februari 3, 2015

Apakah Anda ingin mencoba memulai investasi properti? Tak ada salahnya jika Anda memulainya sekarang.

Perlu diketahui bahwa hanya investasi properti yang menawarkan kenaikan nilai investasi serta pendapatan berulang (bulanan atau tahunan). Selain itu, properti juga satu-satunya kebutuhan primer yang dapat dijadikan investasi. (Baca: Dua Kelebihan Properti yang Tak Dimiliki Investasi Lain).

Dilihat dari tingkat kerumitannya, investasi properti terbagi dua: yang memerlukan pengelolaan dan tak memerlukan pengelolaan. Bagi pemula, ada baiknya mencoba properti yang minim pengelolaan, seperti investasi tanah kosong, rumah sewa, dan apartemen sewa.

Investasi lahan kosong bisa menjadi pilihan, karena nyaris tak memerlukan perawatan. Anda hanya perlu membuat pagar yang layak, sehingga tanah Anda tak diserobot atau dikuasai pihak lain.

Kendati demikian, lahan kosong tidak dapat menghasilkan income dari sewa seperti rumah atau ruko. Namun, jika lahan tersebut berada di lokasi yang strategis, lahan bisa disewakan sebagai lokasi kafe, lahan parkir, atau pangkalan taksi.

Investasi rumah sewa (rumah kontrakan) pun laik dipertimbangkan, karena memiliki tingkat permintaan yang tinggi, terutama di kawasan yang dekat dengan akses tol, trade center, shopping mall, persimpangan jalan utama, terminal, atau dekat dengan perumahan besar memiliki fasilitas ritel, pendidikan, dan pelayanan kesehatan.

Akan tetapi, Anda harus melakukan pengecekan secara rutin terhadap rumah sewa (kontrakan) tersebut. Rumah yang disewakan umumnya cepat rusak bila disewa oleh orang yang kurang bertanggung jawab, yang merasa rumah tersebut bukan miliknya.

Masalah juga bisa datang jika si penyewa abai membayar uang sewa. Oleh karena itu, Anda sebagai pemilik harus menyeleksi penyewa yang baik.

Investasi apartemen sewa makin menarik digeluti, karena permintaannya tinggi, terutama di area CBD (central business district), kawasan permukiman ekspatriat, dan lingkungan kampus.

Sebaliknya, jangan memiliki apartemen di lokasi yang kurang strategis. Belakangan ini banyak pengembang ‘nekad’ membangun apartemen di kawasan pinggir kota yang tak jelas pangsa pasarnya.

Selamat mencoba!

================================================================================

Semoga bermanfaat bagi Sahabat Paradice 🙂

 

Sumber: http://www.rumah.com/berita-properti/2015/2/82364/tips-investasi-properti-bagi-pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 3 =