Siapa Bilang Gaji Kamu 3 Juta Jadi Gak Bisa Beli Rumah?

Siapa Bilang Gaji Kamu 3 Juta Jadi Gak Bisa Beli Rumah?

Tak bisa dipungkiri, sebuah tempat berteduh atau rumah adalah kebetuhan mendasar bagi semua orang. Namun, masih ada orang-orang, mungkin termasuk kamu, yang masih tak memiliki uang untuk membeli rumah. Umumnya, mereka beralasan gaji yang diterima terlalu kecil, uang selalu habis, dan banyak lainnya. Padahal, meskipun kamu memiliki gaji tiga juta rupiah, kamu masih tetap bisa membeli rumah. Yuk, coba terapkan 13 cara menabung ini!

1. Buatlah perencanaan keuangan setiap bulannya dengan gaji tiga jutamu itu, dan taatilah dengan baik.

1 (4).jpgSumber Gambar : ciputranews.com

Misalnya saja, 600 ribu untuk uang kos, 750 ribu untuk uang makan (masak sendiri serta makan di luar), 300 ribu untuk transport, 200 ribu untuk keperluan bulanan,  200 ribu untuk jalan-jalan, 200 ribu untuk tabungan berlibur, 150 ribu untuk sedekah, 100 ribu untuk dikirimkan ke orang tua, 500 ribu untuk menabung. Totalnya tiga juta, bahkan kalau kamu bisa semakin irit, semakin banyak pula total yang bisa kamu tabung.

2. Ikut investasi kecil-kecilan dan tentunya yang jelas dan halal.

2 (4).jpgSumber Gambar : previews.123rf.com

Sebaiknya, hindarilah bisnis seperti MLM yang menjanjikan bahwa kamu akan mendapatkan banyak uang. Lebih baik, cari investasi seperti bergabung di perusahaan-perusahaan kecil atau start up dan yang janjinya masih masuk akal.

3. Membeli emas, meskipun itu hanya satu atau dua gram, sebagai invetasi.

3 (4).jpgSumber Gambar : bekasibusiness.com

Jika kamu memiliki uang hanya 600 ribu untuk membeli emas, maka jangan ragu untuk membelinya. Ada kok, emas yang bobotnya hanya satu gram. Ingat, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Nggak ada ruginya untuk membeli emas.

4. Simpan atau menabunglah di hari H kamu mendapatkan gaji, bukan seminggu setelahnya ataupun saat akhir bulan – pasti uangmu terpakai semua!

4 (4).jpgSumber Gambar : okezone.com

Biasanya, kalau kamu menunggu setelah gajian, maka uangmu akan habis terlebih dahulu karena tergoda.

5. Jika kamu bertekad untuk menyisihkan 500 ribu rupiah per bulannya, maka taatilah dan jangan pernah kamu langgar.

5 (2).jpgSumber Gambar : detik.com

Ini adalah janji kepada dirimu sendiri. Masa iya, kamu setega itu untuk berbohong dan tak menepati janji pada diri sendiri? Walaupun di bulan itu ada temanmu yang ulang tahun ataupun menikah sehingga kamu harus mengeluarkan uang lebih, tetap sisihkan 500 ribu rupiah saat menerima gaji.

6. Membuka sebuah akun bank yang tak bisa diambil, supaya kamu tak tergoda mengambil tabunganmu.

6 (4).jpgSumber Gambar : ryan-isra.net

Minta saja kepada pegawai bank, mereka akan menyediakannya untukmu. Ini adalah salah satu cara menabung paling efektif, lho.

7. Tetapkan lembaran uang tertentu yang harus kamu tabung.

7 (5).jpgSumber Gambar : backpackstory.wordpress.com

Misalnya saja, setiap mendapatkan uang seribu, kamu tak akan menggunakannya dan terus menabungnya. Kalau menerapkan hal ini, secara tidak sadar tabunganmu akan menggunung dalam waktu singkat.

8. Meskipun melihat barang-barang SALE, jangan tergoda!

8 (4).jpgSumber Gambar : syracuse.com

Saat pergi ke pusat perbelanjaan dan melihat kata sale, keinginanmu untuk berbelanja menjadi lebih besar, terutama bagi para wanita. Jadi, hindarilah godaan-godaan tersebut. Lebih baik kamu tak usah melihat-lihat barang di mall untuk menghindari godaan.

9. Catat barang apa saja yang kamu perlukan dan bawa uang secukupnya, tidak berlebih, saat belanja bulanan di supermarket.

9 (5).jpgSumber Gambar : shopious.com

Melalui catatan dan uang secukupnya, kamu tak bisa membeli hal lainnya meskipun kamu benar-benar tergoda.

10. Sisihkan uang yang biasa kamu gunakan untuk membeli jajan di luar, dan mulai membuat makanan sendiri.

10 (3).jpgSumber Gambar : acaiberryoriginal.com

Makan hemat dirumah atau masak sendiri itu salah satu bentuk menabung juga, lho! Percaya deh, setelah satu bulan kamu memasak sendiri, kamu akan merasa bahwa kamu menghemat begitu banyak uang.

11. Apabila mendapatkan bonus kerja atau di luar dari gajimu tiga juta rupiah, maka simpanlah dan jangan digunakan.

11 (4).jpgSumber Gambar : lensaindonesia.com

Anggap saja kamu tak pernah mendapatkan uang bonus tersebut dan terus bertahan hidup dengan uang tiga jutamu. Masukkan uang bonusmu ke dalam tabungan yang tidak bisa kamu ambil.

12. Tabunglah waktu. Caranya, sisihkan waktu luang untuk bekerja lepas atau freelance, terutama disaat weekend.

12 (2).jpgSumber Gambar : dreamfile.wordpress.com

Kerja freelance sesuai dengan hobi kamu, misalnya menjadi seorang fotografer, perancang event, desainer, bahkan penulis. Lumayan lho, untuk menambah penghasilan sekaligus tabunganmu!

13. Pasang alarm yang mengingatkanmu untuk menabung, supaya tekad menabungmu selalu kuat.

13 (1).jpgSumber Gambar : thewindowsclub.com

Kalau kamu terus menerus mendengar kata menabung dan membaca kata menabung, akan terdoktrin di dalam alam bawah sadarmu untuk terus menabung.

Ada satu hal lagi yang perlu kamu ketahui agar bisa mendapatkan rumah walau gajimu 3 juta rupiah per bulannya. Kamu bisa mencoba sistem KPR (Kredit Pemilikan Rumah), dimana salah satu syaratnya adalah gaji yang kamu terima harus di bawah 2,5 juta rupiah per bulan. Bank sendiri akan menyetujui angsuran maksimal 30 persen gaji per bulan kita.

Beberapa bank yang menyediakan jasa KPR antara lain Bank BTN, Bank Mandiri, Bank Permata, BCA, BRI dan BNI. Kamu tinggal menyiapkan dokumen-dokumen dan tentunya dokumen seperti profil nasabah, pengajuan nasabah dan legalitas rumah KPR. Kalau berjalan lancar, kamu sudah bisa menyicil rumahmu sendiri. Semangat!

Artikel diatas merupakan tulisan yang diperoleh di situs  https://life.idntimes.com/career/megan/siapa-bilang-gaji-kamu-3-juta-jadi-gak-bisa-beli-rumah-1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − twelve =