Ingin Punya Rumah Sendiri Sebelum 30 Tahun?

Ingin Punya Rumah Sendiri Sebelum 30 Tahun?

Punya rumah sendiri sebelum memasuki umur 30 tahun adalah pencapaian. Namun, terkadang keinginan ini tak terwujud karena ada banyak kendala. Mulai dari gaji yang tak memadai hingga harga rumah yang kian meninggi. Alhasil banyak dari kita menganggap keinginan untuk punya rumah sebelum 3o tahun jadi goalyang tak mungkin tercapai.

Padahal sebenarnya jika kamu membulatkan tekad dan berusaha sedikit lagi impian ini bukan tak mungkin akan kamu wujudkan. Dengan mengikuti 8 langkah yang akan Hipwee jabarkan ini, punya rumah sendiri tak lagi sekedar mimpi. Penasaran apa saja kiat jitunya? Yuk, simak 8 penjabaran Hipwee berikut ini!

1. Tak perlu bengong melihat harga rumah yang meroket di tengah kota. Memilih rumah di pinggiran kota lebih terjangkau dan akan ramai segera

Langkah awal yang harus dilakukan sebelum mengambil KPR adalah survei terlebih dahulu lokasi perumahan di kotamu. Tak perlu berniat membeli rumah yang berlokasi di tengah kota. Kamu pun bisa menjatuhkan pilihan pada rumah yang ada di pinggiran kota. Meski lebih sepi namun percayalah lokasi ini beberapa tahun lagi juga akan menjadi kawasan ramai yang padat penduduk. Lokasi daerah pinggiran tentu saja akan menawarkan harga yang lebih ramah di kantong, karena biasanya harga rumah pinggiran bisa separuh hingga seperempat dari harga rumah yang berkawasan di tengah kota.

2. Jangan malu jadi KPR Hunter. Cari tahu KPR apa yang paling cocok untukmu ; mana yang tidak memberatkan kehidupanmu

KPR rumah via pintar.my.id

Tak hanya survei lokasi perumahan saja, kamu juga wajib survei berbagai bank yang menawarkan program KPR. Salah memilih bank dapat membuatmu merugi karena jumlah cicilan serta bunga yang ditawarkan bisa memberatkan. Jangan malu untuk keluar masuk berbagai bank swasta maupun negeri demi survei, karena dari sini kamu bisa tahu program KPR mana yang paling cocok dengan besaran gaji sendiri.

3. Susah menabung untuk uang muka? Manfaatkan jasa asuransi kesehatan yang premi dasarnya bisa kamu tarik lagi dalam 5 tahun kedepan

KPR rumah via www.flickr.com

Di usia yang masih muda dengan kesehatan jasmani yang masih mumpuni bukan merupakan alasan untuk tak mengambil asuransi kesehatan. Selain bisa mengcover biaya kesehatan sehingga akan menghemat pengeluaran, kamu juga akan dipaksa menabung untuk beberapa tahun ke depan.

Kamu bisa mengikuti program asuransi kesehatan dengan dana nominal menengah. Uang yang kamu setor tiap bulan bisa diambil lagi setelah 5 tahun mendatang. Memang uangnya akan sedikit terpotong, namun cukuplah sebagai uang muka rumah impianmu nanti.

Rincian:

Rp 500.000 x 12 bulan = Rp 6.000.000 (setahun) x 5 tahun = Rp 30.000.000*

(*)sebelum dipotong

4. Kalau memang mimpi punya rumah sendiri, disiplinlah untuk menabung mulai hari ini. 30-50% penghasilanmu cukup demi membantu angsuran nanti

KPR rumah via www.urbantree.in

Menabung tentu wajib dilakoni jika kamu ingin mimpimu memiliki rumah sendiri bisa terwujud. Bangun komitmen pada diri sendiri bahwa kamu harus bisa menyisihkan minimal 30% dan maksimal 50% dari uang gaji bulanan. Uang yang terkumpul bisa kamu tabung sebagai ancang-ancang untuk angsuran KPR tiap bulannya.

Rincian :

35 % x Rp 2.000.000 = Rp 700.000

5. Punya tabungan itu menggoda. Karena itu depositokan uang tabunganmu secara berjangka

KPR rumah via lamanberita.com

Jika kamu termasuk orang yang boros dan gatal ingin membelanjakan uang, kamu bisa mendepositokan uang yang kamu kumpulkan. Hal ini akan mencegah niatmu untuk menarik uang seenak hati. Karena dengan mendepositokan uang, kamu bisa mengatur kapan uang yang kamu kumpulkan bisa ditarik. Sehingga hal ini akan melumpuhkan niatmu untuk mengambil dan membelanjakannya seenak sendiri.

6. Tanggungan cicilan membuatmu tak boleh kehilangan penghasilan. Agar aman, kamu harus punya investasi sebagai pegangan

KPR rumah via www.panin-am.co.id

Kamu tak perlu menunggu mapan untuk berinvestasi, justru kamu harus memulainya dari sekarang. Investasi ada banyak macamnya, mulai dari emas, reksadana, saham, obligasi, hingga forex trader. Kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhanmu, apakah untuk investasi jangka pendek atau panjang. Dulu Hipweepernah menjabarkan mengenai macam investasi di artikel ini. Namun, waspadai juga supaya kamu tak terjebak dengan mitos investasi yang sudah ada.

7. Cara lain untuk mengumpulkan down payment rumah impian: menabung emas dari sekarang

KPR rumah via russia-insider.com

KPR bukan satu-satunya cara supaya kamu bisa membeli rumah. Kamu bisa menggunakan uang tabungan untuk membeli emas sebagai langkah awal DP rumah sederhana. Karena investasi emas adalah jangka panjang, maka tunggu hingga beberapa tahun lagi. Kenaikan harga emas berkisar antara 2% hingga 4 % per tahunnya. Perhatikan juga nilai tukar rupiah, karena harga emas akan naik dengan cukup signifikan ketika nilai tukar rupiah terhadap dollar melemah. Jual emas yang kamu miliki dan gunakan uangnya untuk DP rumah sederhana.

8. Kamu itu masih muda dan bertenaga. Jika uang gaji saja tak cukup untuk membiayai hidup dan angsuran – jangan malas untuk cari kerja sampingan!

KPR rumah via amorez.com

Saat ini kamu masih muda dan tenaga yang kamu miliki masih banyak jumlahnya. Memang mungkin di usia yang sekarang, gaji yang diterima juga masih pas-pasan. Namun, jangan jadikan hal ini sebagai penghalang! Kamu bisa kok rajin cari kerja sampingan yang bisa dikerjakan lewat rumah.

Sekarang ini banyak lowongan yang menawarkan pekerjaan sesuai bidangmu yang bisa dijadikan sampingan. Coba deh cek website freelancer, upwork, craiglist. Kamu bisa mengerjakannya di sela waktu luang atau saat pekerjaan utamamu telah usai, lumayan kan untuk menambah pundi tabungan?

Jadi, sudah siap punya rumah sendiri di usia 30 tahun?

Artikel diatas merupakan tulisan yang diperoleh di situs  http://www.hipwee.com/sukses/8-cara-jitu-supaya-keinginan-punya-rumah-sendiri-sebelum-umur-30-tahun-tak-lagi-sekadar-mimpi/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × two =